Langsung ke konten utama

Memaknai Sebuah Petualangan

Huehehe lama sekali maztam tak nulis lagi, kali ini kita akan membahas santai tentang makna dari sebuah petualangan. Sebagai pengantar saja, awal tahun tanggalan Hijryah ditentukan bukan karena hari hari besar seperti lebaran, ayat Al quran pertama, atau bahkan israq mi'raj, tapi ditentukan karena ada peristiwa Hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah, Hijrah berarti "pindah" atau berpindah tempat, hal ini pula terkadang dijadikan sebuah inspirasi bagi orang Sumatra atau Suku Madura untuk "merantau" atau berpindah dari tempat asal untuk mencari tempat bernaung suatu hari nanti. Jadi disini bisa pula dikatakan Hijrah bisa diartikan menjadi sebuah petualangan, karena kita berpindah ke satu tempat ke tempat yang lain untuk mengetahui seisi dunia

Berikut ini kata bang darwis tere liye
(https://www.facebook.com/darwistereliye/posts/616235185093720)


Hehehehe mungkin bisa membuka wawasan mengapa kita harus berpetualang

Menurut maztam sendiri berikut ini adalah makna dari petualangan yang selama ini maztam alami sendiri :

1. Bertemu Dengan Orang Orang Baru

Dengan berpetualang kita akan terhindar dari sifat egois, karena kita mau tidak mau harus bertemu dengan orang baru, berkenalan, bahkan berkawan. Karena tidak mungkin kita bisa hidup sendiri di tempat perantauan atau tempat tujuan. Semakin sering kita berpetualang semakin kita bisa memaklumi banyak karakter manusia di muka bumi ini, semakin kita tahu juga tentang budaya budaya sekitar sehingga kita mempunyai rasa toleransi yang tinggi.

Berikut ini rekam jejak maztam, kenangan bertemu dengan orang orang baru yang tak terlupakan

Makan bersama sepulang dari Venue Konser A7X 2012 di Jakarta :


Perpisahan dengan teman sekamar : Mas Ali (Blogger Jakarta) dan Mas Kurnia (Blogger Pekanbaru) di Asean Blogger Solo 2013


Foto terakhir sebelum pulang - Ranu Kumbolo, Semeru 2013


Well yah, di 3 tempat diatas banyak bertemu dengan orang orang baru yang akhirnya menjadi teman


2. Menemukan Rasa Rasa Masakan yang Baru

Beuh berpetualang tanpa mencoba masakan kuliner itu kurang tepat. Dengan berpetualang kita akan mengasah lidah kita untuk merasakan rasa rasa yang tidak pernah rasakan sebelumnya. Makanan pun bisa berbeda tiap wilayah dan tiap daerah, karena selera orang diwilayah tertentu emang gak ada yang sama. Untuk bisa merasakan uniknya, pertama harus ada keleraan akan hal yang tidak disukai misalkan dulu gak suka makanan pahit, tapi dengan berpetualang kita bisa menemukan bagaimana rasa makanan pahit yang enak, perlu sebuah keberanian untuk mencicipi makanan yang tidak suka kita makan, tapi hanya dengan begitu kita bisa memaknai sebuah petualangan yang menarik

Nih nih Otak Otak Bandeng Khas Sidoarjo



Mau coba ? makanan terpedas se-Sidoarjo : Artikel Ceker Lapindo


3. Menemukan Pemikiran dan Ideologi Baru

Berpetualang tidak hanya mengunjungi tempat tempat khusus saja, namun ada juga petualangan lebih lanjut, yaitu berpetualang untuk mencari ilmu pengetahuan dan pemikiran yang baru, tidak lain tidak bukan adalah sekolah lagi ataupun kursus ataupun mempelajari lebih dalam hal hal yang sebelumnya tidak kita pelajari. Apa termasuk petualangan ? tentu iya, petualangan pikiran agar lebih berilmu. Kalau maztam sendiri berpetulang dengan masuk kuliah di UMSIDA (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo).

Maztam juara 3 MABA (Mahasiswa Baru - Ospek)  terbaik lho hehehhe

4. Pemandangan yang Indah  

Salah satu "hadiah" dari petualangan adalah kita bisa melihat pemandangan pemandangan yang luar biasa indah mempesona .. dan kita tidak pernah melihat pemandangan itu sebelumnya. Ketika kita benar benar melihat itu secara langsung dalam mata kita, maka sebetulnya Tuhan begitu murahnya memberikan rezeki sebuah pemandangan alam yang terbentuk secara alamiah, namun Tuhan juga Maha Adil, dimana untuk menemukan ini kita harus bekerja keras untuk sampai ke  tujuan ....

Papuma di pagi hari


Pegunungan Semeru



5. Perubahan 

Daan ... yang terakhir untuk maztam rangkum, bahwa hasil utama dalam sebuah petualangan adalah perubahan .... dan semoga menjadi perubahan yang baik tentunya ................

Akhir kata .. terimakasih sudah membaca artikel ini , mungkin suatu saat akan ditambahi poin poinnya :)

Postingan populer dari blog ini

Sidoarjo Map (Peta Kabupaten Sidoarjo)

Sidoarjo Map. Kali ini maztam akan berbagi peta Sidoarjo barangkali ada yang membutuhkan peta ini supaya tidak tersesat di jalan ketika datang ke Sidoarjo. Sidoarjo merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Jawa Timur, letaknya cukup strategis karena dekat dengan Kota Metropolitan Surabaya, yaitu berada tepat di selatan Kota Surabaya.

Teman teman apabila perkunjung ke Sidoarjo, yang paling terkenal dari Sidoarjo adalah UKM-nya. Kota yang mempunyai julukan kota udang ini juga disebut sebut sebagai kota yang memiliki UKM yang paling banyak, dari kerajinan tas, kerupuk, sampai batik ada di Sidoarjo.

Peta Sidoarjo Langsung saja bagi teman teman yang mengunduh peta Sidoarjo maztam telah mencari beberapa map yang mungkin bisa membantu. Map tersebut ada dua jenis yang pertama map gambar yang bisa di download dan map dari google, apabila teman mempunyai gadget bisa langsung dilihat.




Peta Sidoarjo Google Map



Sekian informasi dari maztam, semoga bisa membantu teman yang sedang mencari peta …

Tempat Nongkrong Asik di Sidoarjo - Part I

Tempat Nongkrong di Sidoarjo. Wokeh ketemu lagi dengan maztam, kali ini kita akan membahas tempat nongkrong yang asik di Sidoarjo. Bicara tentang Sidoarjo, sebetulnya banyak sekali tempat nongkrong yang asik di kota ini, cuman mungkin banyak yang gak tahu. Oleh karena itu maztam akan mencoba untuk me-review tempat - tempat paling oke di Sidoarjo untuk di buat nongkrong.



Kalau bicara tentang Sidoarjo lagi, kota yang mempunyai slogan "Bersih Hatinya" ini termasuk kota yang enak untuk di buat tinggal, dikarenakan Sidoarjo jarang macet, mungkin ketika ada event event besar seperti sepak bola Deltras Sidoarjo atau libur panjang masih bisa macet, tapi macetnya juga gak lama - lama, bandingkan dengan kota tetangga Surabaya yang sudah padat penghuni, karena enak di buat tinggal mestinya enak juga di buat nongkrong toh hehehe :).

Oke dah, semoga benar - benar terwujud, saya maztam akan menulis dan meng-list kan tempat tongkrongan yang asik bagi kawula muda, untuk sekedar kongkow ata…

Daftar Tempat Kencan Romantis di Sidoarjo

Tempat Kencan Romantis di Sidoarjo. Review tempat nongkrong sudah, kuliner sudah, bioskop sudah, kali ini maztam bakalan review tempat tempat kencan yang oke untuk kalian para pencari cinta di kabupaten Sidoarjo tercinta ini. Kencan, apa itu kencan ?, untuk bisa tetap menjalankan kehidupan romansa dengan pasangan atau gebetan dibutuhkan kencan agar tercipta komunikasi dan saling berbagi suka duka kehidupan.

Berikut ini tempat tempat kencan romantis yang maztam rekomendasikan (bagi yang ingin menambahkan silahkan tambahkan komen di bawah :

BolodeweRefresho CoffeshopKedai Kopi Medan dan KruwelFrittela Pancake HouseLiana Steak and ChocolateCyclo
Sekian dulu yah, update menyusul :)