Langsung ke konten utama

Pos

Menampilkan postingan dari Juni, 2008

Belajar Membuat Website

Minggu lalu, hari Minggu siang tepatnya, saya iseng-iseng buat web yang bertema Komputer dan Jaringan, ya namanya juga iseng-iseng jadi tampilannya mungkin agak gimana gitu.. , ternyata sempat bikin pusing juga soalnya tidak sedikit html skripnya yang keliru, yaah untunglah saya dibantu oleh aplikasi text editor.
Ternyata lumayan pusing juga untuk membuat web sederhana, bisa dibayangkan bagaimana cara membuat web-web yang sudah "profesional" yang selalu terupdate tiap harinya, untuk membuat web se-sederhana ini saya membutuhkan uang Rp. 12.000, lha kok uang sich ya iyalah saya kan nge-net di warnet, jadi total waktunya sekitar 6 jam-an.
Harap-harap cemas memang membuatnya, takut ada kesalahan yang fatal, tapi saya cukup puas meskipun hanya coba-coba, ingin melihat web saya : bromix.co.nr

NB : Bagi yang udah jago, saya tolong kritik-sarannya untuk web saya, langsung saja komen di bawah, thanks

PC Cepat yang Tidak Berisik

Menciptakan PC dengan kecepatan yang luar biasa tinggi sudah merupakan suatu hal
yang biasa. Namun, bagaimana cara menciptakan sebuah PC yang tidak hanya cepat,
namun juga tidak menimbulkan suara yang berisik?

Memiliki seperangkat PC dengan kecepatan tinggi adalah merupakan impian bagi seluruh
penggemar PC. Dengan PC berkecepatan tinggi, sudah barang tentu Anda bisa
melakukan pekerjaan dan kegiatan apa saja yang diinginkan. Bagi Anda penggemar
gaming misalnya, kegiatan bermain game-game 3D terkini seperti Doom 3, F.E.A.R atau
Call of Duty 2 akan terasa sangat menarik dengan karakter-karakter yang bergerak halus
dan tidak terkesan patah-patah. Begitu juga jika Anda adalah seorang pekerja seni grafis,
bisa menjalankan aplikasi pengolahan grafis dengan lebih lancar dan cepat tanpa ada
gangguan delay yang berarti.

Semua itu bisa Anda lakukan jika menggunakan PC dengan kecepatan tinggi yang
tentunya didukung juga dengan perangkat lain seperti VGA, RAM, dan processor. Selain
digunakan untuk bermain dan …

Topologi jaringan

Topologi jaringan adalah bagian yang menjelaskan hubungan antar komputer yang di bangun berdasarkan kegunaan, keterbatasan resource dan keterbatasan biaya, berarti topologi-topologi jaringan yang ada bisa disesuaikan dengan keadaan di lapangan.Topologi jaringan ada beberapa bentuk sebagai berikut.
1.Topologi BusTopologi ini adalah topologi yang awal di gunakan untuk menghubungkan komputer. Dalam topologi ini masing masing komputer akan terhubung ke satu kabel panjang dengan beberapa terminal, dan pada akhir dari kable harus di akhiri dengan satu terminator. Topologi ini sudah sangat jarang digunakan didalam membangun jaringan komputer biasa karena memiliki beberapa kekurangan diantaranya kemungkinan terjadi nya tabrakan aliran data, jika salah satu perangkat putus atau terjadi kerusakan pada satu bagian komputer maka jaringan langsung tidak akan berfungsi sebelum kerusakan tersebut di atasi.
Gambar topologi busTopologi ini awalnya menggunakan kable Coaxial sebagai media pengantar data …

Cara Kerja Keyboard

Para readerz sekalian, saya akan jelaskan apakah yang disebut dengan keyboard, keyboard adalah sebuah alat berbentuk papan yang terdiri dari beberapa tombol huruf. Keyboard merupakan peralatan magnetic yang digunakan untuk menginput teks dan juga untuk mengontrol pengoperasian computer.

Tombol-tombol yang ada berbentuk kotak yang disusun padanya. Tombol-tombol tersebut mempunyai huruf atau simbol yang tercetak di atasnya yang menunjukkan huruf atau simbol yang akan ditampilkannya di monitor bila ditekan.

Selain itu bila kita menggabungkan dua tombol dengan menekannya bersamaan, kita kadang akan mendapatkan fungsi atau input khusus.Ada berbagai jenis tata letak tombol-tombol pada keyboard, namun yang paling populer digunakan adalah tata letak QWERTY, yang sebenarnya merupakan tata letak mesin ketik yang paling populer.

Keyboard terdiri 101 tombol untuk tipe standarnya. Untuk windows keyboard, tombol yang ada sebanyak 104-tombol. Pada tahun 1990-an, di Amerika diciptakan sebuah keyboard ya…

Cara kerja Mouse

Pada dasarnya, penunjuk (pointer) yang dikenal dengan sebutan “Mouse” dapat digerakkan kemana saja berdasarkan arah gerakan bola kecil yang terdapat dalam mouse. Jika kita membuka dan mengeluarkan bola kecil yang terdapat di belakang mouse, maka akan terlihat 2 pengendali gerak di dalamnya. Kedua pengendali gerak tersebut dapat bergerak bebas dan mengendalikan pergerakan penunjuk, yang satu searah horisontal (mendatar) dan satu lagi vertikal (atas dan bawah).

Jika kita hanya menggerakkan pengendali horisontal maka penunjuk hanya akan bergerak secara horisontal saja pada layar monitor komputer. Dan sebaliknya jika penunjuk vertikal yang digerakkan, maka penunjuk (pointer) hanya bergerak secara vertikal saja dilayar monitor. Jika keduanya kita gerakkan maka gerakan penunjuk (pointer) akan menjadi diagonal. Nah, jika bola kecil dimasukkan kembali, maka bola itu akan menyentuh dan menggerakkan kedua pengendali gerak tersebut sesuai dengan arah mouse yang kita gerakkan.

Pada sebagian besar m…

Macam-macam Jaringan

Kali ini saya akan menginformasikan macam-macam jaringan kepada readerz tentang macam-macam jaringan, sebetulnya readerz sekalian pasti udah tahu tentang macam-macam jaringan ini, tapi mungkin tidak pernah menyadari, syukur deh kalau sudah sadar.. yuk langsung aja nih penjelasannya :


Local Area Network ( LAN )

· Adalah jaringan yang terdapat dalam sebuah gedung / kantor.

· Digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer yang terdapat didalam gedung / kantor.

· Jaringan LAN disebut dengan jaringan local.

· File server untuk memberikan layanan perangkat lunak mengatur jaringan dan untuk menyimpan data.

· Topologi yang digunakan untuk jaringan LAN adalah topologi ring dan topologi bus.



b) Metropolitan Area Networking ( MAN )

· Adalah jaringan yang menghubungkan komputer yang ada di gedung yang brdekatan / masih dalam kota atau provinsi.

· Jaringan ini juga sering disebut dengan intranet.

· Software dan hardware yang digunakan sangat spes…

Sejarah Sistem Operasi

Menurut Tanenbaum, sistem operasi mengalami perkembangan yang sangat pesat, yang dapat dibagi
kedalam empat generasi:
• Generasi Pertama (1945-1955)
Generasi pertama merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti
sistem komputasi mekanik, hal itu disebabkan kecepatan manusia untuk menghitung terbatas dan
manusia sangat mudah untuk membuat kecerobohan, kekeliruan bahkan kesalahan. Pada generasi ini
belum ada sistem operasi, maka sistem komputer diberi instruksi yang harus dikerjakan secara
langsung.
• Generasi Kedua (1955-1965)
Generasi kedua memperkenalkan Batch Processing System, yaitu Job yang dikerjakan dalam satu
rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan.Pada generasi ini sistem komputer belum dilengkapi
sistem operasi, tetapi beberapa fungsi sistem operasi telah ada, contohnya fungsi sistem operasi ialah
FMS dan IBSYS.
• Generasi Ketiga (1965-1980)
Pada generasi ini perkembangan sistem operasi dikembangkan untuk melayani banyak pemakai
sekaligus, dimana para pemakai…

Membuat LAN sendiri

Pagi readerz, kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat LAN sendiri, gampang kok g susah-susah yang penting ada alat-bahannya and butuh kesabaran dan keuletan para readerz saat membuatnya, n jangan lupa terus berdoa kepada yang maha kuasa :). Nih langkah-langkahnya ....

Peralatan yang dibutuhkan:
1. Dua atau lebih PC
2. Network Card sesuai dg jumlah PC
3. Kabel coaxial atau UTP
4. Hub bila diperlukan
5. Terminator
6. T-Connector
Langkah-langkah pembuatan:
1. Sebelumnya anda harus mengetahui dahulu tipe jaringan yang ingin anda gunakan. Saat ini
tipe jaringan yang sering digunakan adalah tipe bus dan tipe star.
1.1 Tipe Bus
Jaringan jenis ini menghubungkan secara langsung dari komp1 ke komp2 lalu komp2 ke komp3
dst. Jaringan jenis ini memang paling mudah pemasangannya dan lebih murah sehingga lebih
cocok untuk home user sedangkan ia memiliki kelemahan dimana bila ada salah satu komp
yang rusak maka akan mempengaruhi komp lainnya. Jaringan jenis ini menggunakan kabel
coaxial yang sering kita j…

Perintah dasar linux (3)

Beberapa bulan yang lalu saya sudah mempostingkan tentang daftar perintah linux tepatnya disini, dan disini. Tetapi ternyata tidak disangka-sangka rupanya daftar perintah tersebut hanya bisa di distro Suse, jadi di disto lainnya seperti Debian, RedHat, dsb.. rupanya berbeda. Berikut adalah perintah-perintah yang mungkin bisa dipakai semua distro :

* Ls : Melihat isi direktori ataupun file
* Mkdir: Membuat direktori
* Cp : Mengkopy direktori
* Mv : Memindah alamat direktori
* Rm : Menghapus file
* Rmdir : Menghapus direktori
* Rd : Menghapus direktori
* Cd : Membuka direktori
* Cd-spasi-.. : Menutup direktori
* Mount : Mendetect drive baru
* Umount : Meng-eject drive
* Clear : Menghapus tampilan
* Useradd : Menambah user
* Passwd : Mengganti password user
* Vi : Sama seperti perintah edit / mengedit file
* Chmod : Mengganti mode kepemilikan file/direktori
* Chown : Mengganti kepemilikan file/folder
* Alias : Mengganti command dengan kata-kata kita sendiri
* Ctrl-c : …

Membuat ICON disamping address

Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat icon disamping alamat address maztam, kalo g tau liat aja gambar kopi yang diatas tuh. Caranya amat mudah banget, dijamin pasti bisa.

Pertama, log in dulu diblog anda masing-masing

Kedua, pilih Layout (atau template pada template jadul), lalu edit html

Ketiga, cari kode <head> gampang carinya kok biasanya ada di paling atas

Keempat, masukkan kode ini dibawah <head> :
<link rel="shortcut icon" href="alamat_icon" type="image/x-icon" />

>keterangan: Untuk alamat icon, adalah semua file yang berekstensi .ico , dan anda harus menguploadnya dulu ke internet, carilah gambar yang menarik sesuai dengan template anda (punya-nya maztam kok kopi??? alasannya : supaya yg liat g ngantuk), untuk mencari gambar ico, bisa dicari di paman google

Kelima, simpan template anda ......

Keenam, jangan lupa selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa

Ketujuh, jangan lupa sikat gigi sebe…

Friendster-an?? gak jaman lagi deh

Hari gini masih kenalan-kenalan ala friendster?? kalo menurut saya (maaf) cuma buang-buang energi dan uang untuk ngenet aja. Memang tujuan kita ber-fs-an adalah untuk mencari teman sebanyak mungkin, tetapi masih adakah fungsi lainya yang menguntungkan kita ???
Perlu anda ketahui, Friendster.com telah sukses menghasilkan banyaaak uang dari bisnis mereka, tetapi perlu anda ketahui juga Friendster mengambil semua keuntungan yang diperolehnya SENDIRI !

Hmm.. memang terdengar agak egois, untuk itu ada pemberi jasa layanan untuk saling berkenalan antara user-nya tetapi dilain pihak, anda akan diberi bonus uang.

Lho kok bisaa??

Ya pasti bisa, dan itu nyata. Anda akan diberi sejumlah uang (dalam us dollar) dengan syarat : anda me-review account milik orang lain, dan setiap view-nya anda akan diberi bonus, memang pada awalnya cuma sedikit, tapi jika anda tetap konsisten dan aktif untuk melihat account orang lain anda akan memiliki income (baca : penghasilan) yang lumayan.

Untuk display-nya tidak …