Berbicara mengenai tempat wisata yang menarik, Indonesia merupakan surga dari banyak macam wisata eksotis. Banyaknya pegunungan, pantai, sungai, dan geostrategis willayah Indonesia yang masuk dalam wilayah maritim dan katulistiwa merupakan daya tarik alami secara natural bagi wisatawan manca negara ataupun dalam negeri.
Apabila kita sebut masalah tempat wisata, di Indonesia sendiri mempunyai nama nama besar seperti Pulau Bali, Pulau Komodo, Raja Ampat, dan masih banyak lagi tempat surga pariwisata yang ada di dalam negeri kita yang menjadi langganan turis asing.
Kedigdayaan tempat wisata ternyata tidak di barengi dengan penunjang managemen yang cukup baik, masih banyak tempat tempat luar biasa yang apabila di kelola dengan baik akan memberikan dampak yang cukup positif bagi warga sekitar, khususnya di bidang ekonomi. Pariwisata Indonesia sebetulnya bisa lebih menarik lagi apabila di kemas dengan bungkus yang menarik berupa promosi lewat media online, dan yang akan kita bahas kali ini adalah tentang pemanfaatan blog (blogger) untuk sarana promosi tempat wisata.
Web log atau yang sering disebut dengan blog merupakan tempat dimana seseorang bisa menshare tulisannya melalui sebuah sistem manajemen konten website yang mudah digunakan. Selain itu banyak dari jenis blog menggratiskan biaya pelayanan untuk mempunyai website sendiri. Murahnya modal yang di pakai bisa memfasilitasi konten tulisan agar bisa di baca oleh orang di seluruh dunia lewat mesin pencarri Google.
Tulisan tulisan yang di buat oleh blogger (pengguna blog) tentang segala hal, dapat di cari oleh netizen dengan mencari nya di kotak penulusran Google atau alat pencari lainnya, Dari sini, informasi tentang sebuah tempat wisata dapat menyebar lewat komputer, laptop dan ponsel pintar.
Jika kita bicara tentang data pengguna internet di Indonesia, peningkatan pengguna Internet tiap tahun mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Mudahnya untuk mencapai akses Internet di pelopori oleh murahnya tarif operator seluler, jasa pelayanan internet, dan Pemerintah. Program tentang penyebaran Internet sudah galak di lakukan meskipun tidak terlalu signifikan.
Oleh karena itu, blog merupakan fasilitas yang cukup efektif dan efisien, efektif karena mudahnya penyebaran informasi melalui dunia maya, efisien karena gratis. Yang menjadi tantangan sebetulnya adalah tulisan review tentang mengenai tempat wisata dan budaya lokal, bisa jadi fasilitas blog sudah sepenuhnya canggih dan stabil, tetapi dari sisi content atau tulisan yang ada di dalamnya kurang berkualitas dan informasinya pun kadang kurang lengkap.
Kelebihan blog yang lain, kita bisa menambahkan konten multimedia berupa gambar dan video untuk menjadi pelengkap tulisan yang kita buat. Sebetulnya foto dan video adalah hal yang bisa membuat orang lebih tertarik daripada tulisan, gambar dan video bisa menunjukan langsung kepada pembaca tenang suasana lokasi dan keindahan alam yang bisa dinikmati.
Dengan memiliki tulisan yang berkualitas, informasi lengkap (lokasi, gambar, dll) tentang sebuah tempat wisata akan membantu penyebaran promosi, sehingga meningkatkan daya saing. Masyarakat pun akan terbantu dengan sebuah tulisan yang berkualitas dan lengkap, informasi yang di baca bisa jadi akan di aplikasikan dengan cara penjadwalan liburan, karena tujuan akhir dari pemanfaatan blog tersebut adalah datangnya wisatawan yang ingin pergi ke tempat wisata domestik.
Jika kita ingin melihat lebih jauh, pasar domestik itu hanya awalnya saja. Sebetulnya untuk jangka panjang, target yang bisa di capai adalah pelancong manca negara. Untuk itu tentu saja levelnya berbeda dengan blog biasa, untuk menarik wisatawan manca negara, di butuhkan blog berspesifikasi khusus yang sangat berbeda yakni tersedianya bahasa asing seperti bahasa Inggris dan mandarin menjadi tulisan di blog. Hal ini merupakan tantangan bagi kita semua agar mulai bisa mempelajari bahasa inggris sebagai bahasa tambahan.
Pemanfaatan blog akan lebih terasa apabila juga ada pembenahan berbagai sarana penunjang sebuah tempat wisata, dalam hal ini pemerintah juga harus mengawasi pertumbuhan dan mengambil kebijakan strategis untuk menambah nilai tambah dari sebuah tempat rekreasi seperti transportasi, keamanan, kenyamanan, modal untuk usaha kecil di sekitar tempat wisata.
Dalam prakteknya penulis juga melakukan praktek promosi blog untuk sarana promosi tempat wisata dengan membuat blog dan melakukan penulisan tentang beberapa tempat rekreasi dan wisata di sekitar tempat penulis. Tempat wisata yang penulis analisis adalah tempat rekreasi, tempat wisata alam, kuliner dan serba serbi masalah wisata di Indonesia. Alamat blog yang di pakai oleh penulis adalah http://rekreasibesok.blogspot.com.
Tema rekreasi merupakan tema yang di pilih karena erat hubungannya dengan kebiasaan warga Indonesia ketika liburan. Kata "rekreasi" merupakan kata yang di pilih karena lebih mencerimankan kegiatan seseorang untuk mengunjungi tempat wisata bersama keluarga. Meskipun masih baru, penulis berharap dengan adanya blog tersebut bisa membantu penyebaran informasi tentang pariwisata, tetapi masih banyak kekurangan dalam penulisan.
Akhir kata tidak ada telat untuk mencoba, mari kita buat blog sebanyak banyaknya dan kita sebarkan informasi tentang keindahan yang di miliki Indonesia untuk semua orang agar bisa membacanya.
Komentar
Posting Komentar