Langsung ke konten utama

Bagaimana Proses Menjemput Rezeki (Yang Baik)

Proses Menjemput Rezeki. Topik ini maztam bahas setelah pemikiran yang panjang, dan sebagai penulis blog maztam harus selalu menyajikan konten yang unik dan inspiratif, maka kali ini maztam akan membahas tentang proses bagaimana proses menjemput rezeki yang baik.



Menurut kamus besar bahasa Indonesia kata rezeki memiliki dua arti yaitu, pertama, rezeki adalah segala sesuatau yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan) berupa makanan (sehari-hari); nafkah. Kedua, yaitu kata kiasan dari penghidupan, pendapatan, (uang dan sebagainya yang digunakan memelihara kehidupan), keuntungan, kesempatan mendapatkan makanan dan sebagainya. 

Menjemput Rezeki

Cara yang paling ampuh dan mungkin satu-satunya untuk mendapatkan rezeki adalah bekerja. Bekerja pun ada berbagai macam bentuk dan jenisnya, yang mencari ikan dilaut adalah pelayan, yang  jadi sopir pesawat terbang disebut pilot, yang berjualan di pinggir jalan adalah toko kelontong, yang nambal ban di pinggir jalan yaa tukang tambal ban, yang sedang bekerja di gedung DPR ya anggota DPR ... ehm barangkali satpam dan cleaning service juga bekerja disana. Begitulah, rezeki tidak turun otomatis tetapi harus di jemput dengan sebuah alat yang bernamakan : profesi / pekerjaan / usaha . Toh banyak macam jenisnya dari yang nyata sampai yang gak nyata (penulis blog termasuk nyata gak yah).

Dari alat ini , kita bisa menghasilkan alat tukar paling beken : uang, yang fungsinya untuk penghidupan dan memelihara kehidupan. Dari sini kita paham dan maklum, sewajarnya memang orang dewasa bekerja untuk menghidupi keluarga, karena keluarga sangat penting kepada kehidupan seseorang, oleh karena itu harus di hidupkan kehidupannya.

Dan yang paling di ributkan permasalahannya disini adalah jumlah dari penghasilan itu lebih kecil dari pada pengeluaran, besar pasak daripada tiang. Bahkan kalau boleh di bilang ini adalah masalah tingkat internasional dan sudah berabad-abad lamanya masalah ini menjadi kemelut, bahkan perang antar saudara. Tentu penghasilan yang disebutkan ini tidak hanya pemasukan keuangan, tapi juga menjakup bahan pangan dan kesejahteraan sebuah keluarga. Hal ini lah yang mendasari budaya kita, kemapanan - mempunyai makan dan papan (rumah) syarat wajib apabila ingin meneruskan ke jenjang pernikahan.

Masalah besar pasak daripada tiang, lebih krusial dari pada masalah lainnya, bisa di bilang sumber dari banyaknya masalah di muka bumi ini, kalau boleh saya list kan :
  • Per-ceraian
  • Tindak pidana
  • Stress
  • Bunuh diri
  • Perang
  • Putusnya silaturahmi
  •  dsb ..
Hal ini juga menyebabkan kecintaan kita kepada alat tukar umum semakin bertambah tiap harinya, berharap dengan banyaknya alat tukar ini bisa menyelesaikan beberapa masalah, orang pun merasa aman dengan banyaknya alat tukar yang disimpan. Pendapat ini bisa relatif, bisa benar atau bisa tidak.

Yang Baik

Setelah membahas rezeki dan masalahnya, maka kita lanjut ke judul kedua yaitu "Yang Baik". Bagaimana proses menjemput rezeki yang baik. Masalah boleh jadi akan terus ada di kehidupan kita namun kita sebetulnya di beri satu pilihan : terus larut dalam masalah itu atau mencoba berbuat agar ada perubahan yang baik.

Kita memang bisa selalu bisa menjemput rezeki, tetapi masalahnya apakah rezeki mau kita jemput ?, terkadang memang rezeki bisa tidak mau kita jemput. Penyebabnya beragam. Cara kita menjemput rezeki pun juga beragam namun umumnya di bedakan menjadi 2, apabila penjemputan dilakukan secara baik dan mengikuti aturan-Nya maka ini disebut Halal, kebalikannya apabila penjemputan dilakukan secara buruk dan tidak mengikuti aturan-Nya maka ini disebut Haram. 2 langkah ini sama sama menghasilkan rezeki, dan sama sama mempunyai efek timbal balik yang berbeda.

Ternyata Misterius..

Kita sebetulnya tidak pernah tahu kapan Tiang kita bisa lebih tinggi dari pada pasak, kapan musibah akan terjadi, kapan kesalahan akan terjadi, kapan ketidak sengajaan terjadi, begitu juga dengan jodoh :

Kita tidak pernah tahu siapa orang yang bertemu kita esok, apa yang terjadi, dan apakah itu jodoh kita, misterius

Begitu juga dengan rezeki yang sama - sama misteriusnya


Proses Menjemput Rezeki Yang Baik

Menjemput rezeki yang baik yang pertama yang harus di lakukan adalah melampangkan dada, bersikap dewasa, bersikap ikhlas dan sabar dari awal dengan apapun yang terjadi, bersiap diri apapun yang terjadi esok terjadilah, walaupun kadang esok tak secerah hari kemarin, melangkah seperti pahlawan yang akan membela negara dalam peperangan walaupun jiwa dipertaruhkan. Sikap gagah berani nan ikhlas

Kedua, yang harus di lakukan adalah berbuat semaksimal mungkin dalam ikhitar - perjuangan. Pelaut yang hebat hanya di temukan dilaut yang tidak tenang. Terkadang hidup itu memilukan. Namun kita selalu bisa berikhtiar (memilih) untuk menemukan yang baik, meskipun dalam prosesnya kita selalu merasa terjatuhkan. Banyak masalah yang pasti, tapi ingat satu hal "setelah kesulitan selalu ada kemudahan"

Ketiga, adalah bernafas. Dalam menghirup udara yang pertama adalah menarik nafas kemudian mengeluarkannya, begitu juga rezeki setelah kita mendapatkan rezeki, supaya bisa bernafas maka bagilah rezeki tersebut ke orang yang membutuhkan. Anda tak mungkin bernafas tanpa mengeluarkan nafas bukan ?

Ada satu contoh terbaik dalam menjemput rezeki, yang tidak bukan adalah Rasulullah Muhammad SAW. Beliau adalah contoh panutan paling teladan dalam bidang "pekerjaan", setiap Rasul mendapatkan rezeki dari mana pun itu, selalu di bagikan kepada fakir miskin. Pertanyaannya adalah, apakah Rasul seorang yang miskin walau memberikan harta nya ?. Tidak. Rasul selalu mendapatkan banyak rezeki lagi dan lagi.

Terkadang tingkat banyaknya rezeki tidak hanya di hitung dari banyak nya harta. Keluarga, sahabat, lingkungan yang kondusif, kesehatan yang terjaga, istri yang soleha, kehidupan adalah rezeki yang mahal.

Maka point keempat yang ingin saya bicarakan adalah syukur, rasa syukur atas kehidupan.

Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bisa bermanfaat

Postingan populer dari blog ini

Sidoarjo Map (Peta Kabupaten Sidoarjo)

Sidoarjo Map . Kali ini maztam akan berbagi peta Sidoarjo barangkali ada yang membutuhkan peta ini supaya tidak tersesat di jalan ketika datang ke Sidoarjo. Sidoarjo merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Jawa Timur, letaknya cukup strategis karena dekat dengan Kota Metropolitan Surabaya, yaitu berada tepat di selatan Kota Surabaya. Teman teman apabila perkunjung ke Sidoarjo, yang paling terkenal dari Sidoarjo adalah UKM-nya. Kota yang mempunyai julukan kota udang ini juga disebut sebut sebagai kota yang memiliki UKM yang paling banyak, dari kerajinan tas, kerupuk, sampai batik ada di Sidoarjo. Peta Sidoarjo Langsung saja bagi teman teman yang mengunduh peta Sidoarjo maztam telah mencari beberapa map yang mungkin bisa membantu. Map tersebut ada dua jenis yang pertama map gambar yang bisa di download dan map dari google, apabila teman mempunyai gadget bisa langsung dilihat. Peta Sidoarjo Google Map Sekian informasi dari maztam, semoga bisa membantu teman yang

Membuat Action Plan

Action plan atau rencana kerja atau program kerja adalah salah satu cara efektif untuk membagi waktu dalam menjalankan suatu kegiatan. Biasanya berbentuk tabel atau pun hanya coretan-coretan kecil, tergantung dengan jenis kegiatan, contohnya : Organisasi Osis SMA "X" , membuat program kerja untuk menjadwal kegiatan dalam waktu satu tahun, jadi didalam acion plan tertera tabel-tabel yang menyatakan jenis kegiatan, waktu dan status kegiatan. Terdapat banyak jenis action plan, tetapi untuk latihan coba membuat action plan kecil-kecilan seperti ini : Buatlah daftar yang ingin anda beli untuk bulan ini, dan anda harus benar-benar konsisten untuk melaksanakan daftar yang sudah anda tulis tadi, misalnya : jaket baru, sepatu baru, tas baru Jika terbiasa dengan yang pertama buat action plan yang lebih mendetail lagi, yaitu dalam kurun waktu 1 minggu, dan untuk objeknya terserah anda, misal : dapat nilai ulangan min 9, olahraga tiap pagi min 30 menit, posting di blog min 10, dapat paca

Daftar Tempat Kencan Romantis di Sidoarjo

Tempat Kencan Romantis di Sidoarjo . Review tempat nongkrong sudah, kuliner sudah, bioskop sudah, kali ini maztam bakalan review tempat tempat kencan yang oke untuk kalian para pencari cinta di kabupaten Sidoarjo tercinta ini. Kencan, apa itu kencan ?, untuk bisa tetap menjalankan kehidupan romansa dengan pasangan atau gebetan dibutuhkan kencan agar tercipta komunikasi dan saling berbagi suka duka kehidupan. Berikut ini tempat tempat kencan romantis yang maztam rekomendasikan (bagi yang ingin menambahkan silahkan tambahkan komen di bawah : Bolodewe Refresho Coffeshop Kedai Kopi Medan dan Kruwel Frittela Pancake House Liana Steak and Chocolate Cyclo Sekian dulu yah, update menyusul :)