Home » , » BBM Naik ? Sudah Jangan Panik, Mari Cari Solusi

BBM Naik ? Sudah Jangan Panik, Mari Cari Solusi

Written By Prawira Aditama on 17 Mei 2013 | 00.49



Solusi BBM naik. Kali ini maztam akan membahas tentang rencana kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang masih belum jelas kapan naiknya dan berapa jumlah penaikannya, yang pasti artikel ini tidak berelelasi dengan artikel sebelumnya "Waw ! BBM Sudah Bisa Di Nikmati di Android dan iOS", karena meskipun sama - sama BBM tapi beda artinya yah hehehe

Oke lanjut saja, bahkan anak kecil pun tahu jika BBM naik maka semua harga bahan pokok, akan naik, imbasnya semua harga produk atau apapun di negeri ini juga akan naik, pokoknya harga BBM adalah penentu dari semua harga produk yang ada di pasaran, hal ini lah yang membuat rakyat kecil menjerit, gaji sudah pas pasan, banyak kebutuhan, sudah begitu banyak hutang, sudah gitu ditambah BBM naik, gaji sepertinya hanya lewat saja waktu gajian. Sengsara. Akhirnya atas dasar hal ini rakyat menengah kebawah melakukan banyak sekali demo - demo yang semua kita tahu sangat banyak di beritakan di media.

Saya tidak akan membahas, apakah ini kebijakan yang betul atau yang salah, atau menurut Undang Undang Dasar menyalahi aturan apa tidak, atau pemerintah yang mulai berhutang kepada luar Negri sekian Triliun gara-gara subsidi BBM yang terus mengucur deras. Saya yakin, pasti sudah di perdebatkan di mana - mana oleh ahlinya, biarlah mereka yang protes, dan yang akan saya bahas kali ini adalah bagaimana mencari solusi yang tepat agar meskipun BBM naik, anda masih bisa bertahan dari guncangan ekonomi.

Perlu diketahui saya juga bukan pro pemerintah ataupun pro masyarakan bawah, saya hanya berbagi bagaimana kita dapat memecahkan masalah ini dari per individu.

Berikut ini beberapa solusi yang sudah saya rangkum, namun disini saya masih belum jadi ahli, saya hanya berpendapat menurut apa yang saya ketahui dan melalui pengalaman / cerita orang lain yang sudah pernah saya baca.

1. Mulai Berwirausaha

Salah satu solusi yang pas untuk anda yang menginginkan pemasukan tambahan, adalah dengan menambah pemasukkan (ya iya lah xD ). Ehm maksud saya begini terkadang untuk mengatur keuangan kita mencekik pengeluaran, sebetulnya itu memang sebuah solusi, tapi hanya solusi untuk sementara. Untuk solusi jangka panjang adalah memulai berbisnis.

Bisnis yang paling mudah adalah berdagang, dan dagangan yang paling mudah adalah berdagang hal - hal atau produk  yang berada disekitar anda atau di dekat anda.

  • Sesuatu yang anda suka
  • Sesuatu yang mungkin tetangga anda / saudara / teman anda produksi
  • Jika itu jasa, mungkin jasa yang anda sukai dan anda kuasai
  • Atau segala sesuatu yang bisa anda jual lagi dengan harga tambahan :))
Inti dalam bisnis adalah penjualan terus menerus dan meningkatnya kualitas, simple saja penjualan ada karena ada promosi, buatlah sebuah kegiatan promosi kreatif atau anda juga bisa meniru cara - cara promosi orang lain yang efektif untuk memulai usaha. Untuk ini tunggu artikel saya tentang promosi secara kreatif :)

Jangan salah iseng - iseng bisa jadi gede, dalam bisnis memang di butuhkan ketekunan, dan memang dalam bisnis tidak bisa langsung untung banyak dalam waktu yang singkat, tapi bukannya tidak mungkin anda mendapatkan keuntungan yang berlipat, semua itu tergantung dari berbagai macam hal yang berpengaruh dalam penjualan. :)

2. Melek Keuangan

Istilah melek keuangan saya pinjam dari buku Robert Kiyosaki. Melek keuangan atau melek finansial berarti mengerti bagaimana cara mengatur keungan anda. Dalam bukunya Robert Kiyosaki menyederhanakan aliran uang menjadi beberapa bagian. Ijinkan saya menjelaskan dengan cara sederhana :
  • Pemasukan (Uang yang masuk ke kantong kita)
  • Pengeluaran (Uang yang keluar dari kantong kita)
  • Asset (Sesuatu untuk menambah pemasukkan secara continue)
  • Liabilitas (Sesuatu untuk menambah pengeluaran continue)
Kita semua tahu Liabilitas itu merugikan, tapi nyatanya setiap kita mendapatkan Pemasukan, seringkali kita berbangga diri dan terus menambah liabilitas seperti :
  • Cicilan Sepeda Motor
  • Cicilan Laptop
  • Kartu Kredit
"Jadi kalau kita udah punya uang kita gak boleh nyicil yang itu tuh , kan itu si A juga udah punya barang itu, si B udah punya itu juga, punya ku aja gak ganti masih tipe lama" . Hemm bukan maksud saya untuk melarang anda membeli apapun yang anda suka, tapiiii ingatlah bawah satu kolom yang selalu kita lupa, bahkan lupa ini sangat di sukai oleh para dealer motor, sales kredit, ataupun lainnya, kita lupa pada satu kolom yang sangat penting yang bisa membantu anda ketika susah, dan yang paling penting bisa menolong ketika barang barang pokok naik, coba tebak apa itu ? betul sekali ... Aset !!

Mari saya perkenalkan dengan saudara saya, teman saya yang baru saya kenal 2 tahun ini, namanya Aset. Aset sebetulnya teman yang baik, namun sayang orang lain tidak terlalu melihat dia, karena aset itu kurang keren dan kurang populer di teman-teman anda yang lain, namun jangan sangka Aset yang selalu diam dan terlihat tenang ini bisa membantu anda dalam masa sulit, Aset sangat pengertian pada kita. Aset memberikan pemasukan ke kita secara continue dan terus menerus, ada yang tiap bulan, tiap minggu bahkan tiap hari. Bahkan saking baiknya Aset ini biasanya membiarkan anda bersenang - senang dan liburan, atau memenuhi kebutuhan pokok anda tiap bulannya.

Yah memang sih gak banyak orang suka sama Aset, karena teman anda satu lagi Liabilitas sering kali selalu di perbincangkan di setiap anda berkumpul, ngopi, kongkow bersama teman anda yang lain, Liabilitas adalah seorang Rocker yang terkenal, membuat anda lebih keren dari biasanya.

Untuk sederhananya, dalam konsep keuangan yang baik :

Jadikan pengeluaran menjadi Aset, sehingga Aset bisa menghasilkan pemasukan terus menerus

Bukannya :

Menjadikan pengluaran menjadi Liablitas, sehingga pemasukan anda selalu menjadi pengeluaran secara terus menerus

Akan saya bahas mengenai ini secara lengkap di artikel berikutnya ;)

3. Bershadaqah
Saya tutup artikel ini dengan suatu yang menurut saya lebih hebat dari ke dua poin di atas. Sebetulnya solusi manusia tidak akan lebih hebat dari solusi dari Tuhan. Mulai lah untuk bershadaqah terus menerus, shadaqah adalah kebaikan untuk sesama manusia, dan juga mendapatkan pahala di sisinya, bahkan ada yang bilang anda tak akan pernah miskin dengan bershadaqah.

Sekian.. untuk detail dari tiap poin diatas akan saya bahas lain waktu, sebelum itu anda bisa mencarinya lewat internet, bantulah diri anda sendiri untuk mencari solusi anda sendiri, akan saya berikan petunjuk bagi anda yang mau mencari  :)
  • Carilah supplier barang yang anda ingin jual
  • Bagaimana berjualan tanpa modal
  • Macam - macam Aset
  • Contoh orang cukup dengan shadaqah

Terima kasih, semoga bermanfaat bagi anda :)

0 komentar:

Poskan Komentar