Langsung ke konten utama

Linux itu Flexibel

Perkembangan dunia IT dan perkomputeran tidak terlepas dari berkembangnya berbagai produk. Entah itu produk hardware maupun software.

Sebuah perangkat yang dinamakan Personal Computer merupakan perangkat yang terdiri dari berbagai hardware. Kombinasi hardware yang baik, dapat menghasilkan suatu performa atau kinerja yang menarik, alias maksimal. Pengkombinasian hardware ini tidak sekedar asal harga mahal dan spesifikasi yang tinggi saja, tetapi juga melihat kesesuaian antar perangkat yang terkait dan tersusun.

Pengkombinasian yang asal, dapat menyebabkan crash bahkan kerusakan pada hardware itu sendiri. Akibat minimal kesalahan pengkombinasian adalah tidak maksimalnya kinerja komputer itu sendiri.

Perkembangan hardware tersebut ternyata diimbangi oleh berkembangnya Operating Sistem yang digunakan. Operating Sistem inilah yang menjalankan fungsi kerja dari sebuah computer. Tingginya kemampuan hardware yang digunakan dimanfaatkan dalam pembuatan operating system yang semakin canggih, compatible dan menawan. Sehingga dapat kita lihat, komputer lama tidak akan mampu menampilkan atau menggunakan operating system yang baru.


Ketidak mampuannya ini bukan berarti tidak dapat sama sekali, tetapi tidak dapat maksimalnya kerja operating system yang baru pada perangkat lama, karena tuntutan spesifikasi hardware yang tidak terpenuhi.

Di dunia perkomputeran dapat kita temui beberapa jenis operating system, diantaranya adalah Unix, Macintosh( Mac ), Linux, dan Windows. Operating system ini memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Coba kita tilik operating system Unix, penggunaan operating system ini jarang digunakan oleh personal dikarenakan sulitnya pengoperasiannya, walaupun ini adalah operating system tertua. Selain itu, operating system ini ditujukan ke tingkat server. Dibalik sulitnya pengoperasiannya, dapat kita temukan kestabilan dan keamanan yang sangat bagus.

Macintosh, sebuah operating system yang dikembangkan oleh Aple. Untuk menunjang performa dari operating system tersebut, pihak Aple telah menyiapkan sendiri hardwarenya. Hardware dari Aple yang menggunakan OS Macintosh sangat stabil dan memiliki tampilan yang luar biasa indahnya. Selain keindahan yang ditampilkan, paduan ini juga tidak dapat dipisahkan (dulu), dan memiliki kinerja yang sangat maksimal.

Windows, merupakan operating system yang paling banyak kita temui. Dan katanya sih paling mudah digunakan. Windows semakin mengibarkan sayapnya ketika tidak ada saingan dalam pengembangan operating system. Windows telah memikat banyak orang untuk menggunakan, dimulai dari munculnya Windows XP disusul munculnya Longhorn dan saat ini Keluarnya produk Windows Vista. Tampilan windows semakin lama semakin menarik. Bahkan windows memiliki pangsa pasar yang beragam, dari home edition, office edition, hingga server edition. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Perkembangan windows sangat cepat, namun perkembangan ini juga menuntut spesifikasi hardware yang tinggi. Selain itu, kita sebagai pengguna juga dituntut mengeluarkan dana tambahan untuk mendapatkan OS ini, karena memang OS ini tidak gratis.

Namun sekarang windows memiliki pesaing dalam mengembangkan operating system. Suatu operating system yang dikembangkan oleh seseorang yang serba kekurangan, yaitu Linus. Orang ini mengembangkan sebuah operating system yang saat ini dikenal dengan Linux. Linus pertama kali mengembangkan system operasi ini karena dia memerlukan suatu sistem operasi yang dapat berjalan di hardware yang spesifikasinya rendah. Dia mengembangkan sistem ini di Personal Computer miliknya yang merupakan warisan kakeknya. Sebenarnya ini adalah proyek isengnya. Namun oleh temannya proyek ini di publikasikan diinternet, tentunya seizin Linus. Ternyata proyek ini mendapatkan tanggapan yang positif dari berbagai pihak, baik dari personal terutama para hecker dan perusahaan-perusahaan besar. Mereka senang dengan sistem ini karena stabil dan mampu berjalan dengan baik di PC dengan spesifikasi yang rendah. Linus memberikan kewenangan kepada semua pihak untuk mengembangkan sistem ini. Pihak-pihak underground (para Hecker ) menyambut baik sistem ini, mereka mulai mengembangkan sistem ini dengan mengirimkan berbagai source code kepada Linus untuk dipasangkan kedalam sistem yang dibuat. Hingga saat ini kita ketahui perkembangan Linux sangat cepat dan beragam distronya.

Saat pertama kali Linux dibuat oleh Linus, Linux merupakan sistem operasi yang sangat sederhana. Tujuan pembuatan sistem ini pertama kalinya hanyalah untuk menjalankan sebuah PC yang memiliki spesifikasi hardware yang sangat sederhana. Saat dibuat, Linux merupakan Operating System yang berorientasi text, hampir sama dengan Unix (karena dibuat berdasar Unix). Setelah para hecker ikut menyumbang dan perusahaan-perusahaan ikut andil bagian, maka Linux menjadi Operating System yang complete. Linux memiliki kelengkapan untuk seluruh aktifitas, misalnya, kelengkapan perkantoran, kelengkapan pembuatan program, game,dll. Dengan kelengkapan yang ditawarkan, Linux tetap dapat berjalan di PC dengan spesifikasi yang rendah dengan stabil.

Seiring dengan berkembangnya waktu, Linux juga semakin berkembang. Karena setiap orang boleh menyebar luaskan dan merubah Linux, maka perkembangan Linux jadi sangat cepat, bahkan saat ini telah banyak bermunculan distro-distro baru yang merupakan turunan dari distro lama. Karena Linux merupakan Operating System dasar, maka kelengkapan yang ada sangat terbatas, namun karena bebas bagi setiap orang untuk mengembangkannya, maka distro atau turunan Linux berkembang berdasar keinginan masing-masing pengembang.

Turunan atau distro yang ada bisa dikelompokkan ke beberapa golongan, diantaranya adalah multimedia, jaringan, dan office. Pada distro yang dikembangkan berdasar keperluan Multimedia akan kita temukan beragam software pengolah dan pemutar multimedia.

Pada distro berdasar jaringan akan kita temui Linux dengan tampilan sangat sederhana, namun memiliki kemampuan untuk bekerja di lingkungan multimedia yang maksimal. Settingan yang sangat rumit akan kita temukan pada distro ini, karena distro ini memang diperuntukkan bagi profesionalisme di bidang jaringan. Berbeda lagi dengan distro yang dikembangkan untuk keperluan office dan personal. Distro ini berdasar keindahan grafis, sehingga kita akan menemukan sebuah distro yang memiliki tampilan yang indah.

Disinilah menariknya Linux, perbedaan-perbedaan ini dapat diatasi dan dapat pula dibuat semakin berbeda. Bisa jadi seseorang yang memiliki keperluan di Lingkungan jaringan yang tinggi, menginginkan tampilan yang sangat menawan, maka kita diberikan kebebasan merubah tampilannya sehingga sangat menawan. Karena keinginan dan kebutuhan setiap pengguna berbeda, bisa jadi beberapa orang yang menggunakan distro yang sama persis, akan berbeda tampilan dan settingan antara yang satu dengan yang lain.

Menariknya lagi, Linux mampu menampilkan grafis yang memukau, namun pada PC dengan hardware yang memiliki spesifikasi rendah, bahkan ia mampu berjalan dengan stabil.

Memang, pada awal perkembangan Linux, kendala yang sering ditemui adalah masalah driver. Beberapa driver dari hardware tertentu tidak ada pada sistem Linux, namun seiring perkembangan Linux mulai mudah menyesuaikan dalam hal driver. Namun memang beberapa distro Linux masih menemui kendala pada hardware tertentu, bisa jadi distro Linux tersebut tidak dapat diinstal pada PC tertentu. Ambil contoh (berdasar pengalaman Penulis) Ubuntu, yang dikabarkan sebagai distro paling mudah dipelajari, tidak sukses diinstal di beberapa Laptop merk Axioo, misalnya bisa diinstallpun, beberapa program mengalami crash. Tidak demikian dengan Open SUSE, OS ini mudah diinstall di berbagai jenis PC atau Laptop.

Karena tingkat fleksibilitasnya tinggi, Linux, dapat dengan mudah menyesuaikan dalam berbagai hardware, dan karena tidak butuh lisensi, maka perkembangannya pun relatif cepat. Coba kita tilik perkembangan teknologi saat ini, mulai dikembangkannya laptop dengan ukuran mini, dengan hardware yang serba terbatas, namun “dipaksa” untuk berlari, maka hanya Linux yang mampu menyesuaikan sehingga banyak produsen Laptop yang menyertakan distro Linux di paket penjualannya. Selain mudahnya penyesuaian, efektifitas penginstalan Linuxpun sangat tinggi, kita tidak perlu repot-repot menginstall beberapa software yang standar kita butuhkan, karena hal itu sudah dipaket dalam CD atau DVD instalasi Linux. Berbeda dengan Windows, untuk instalasi OSnya sendiri butuh waktu yang lumayan lama, masih harus punya beberapa CD software yang diintallkan lagi. Untuk masalah tampilan, Linux ada beberapa jenis tampilan (dekstop), diantaranya adalah: gnome, KDE, dan xfce. Masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan.

Karena fleksibelnya Linux, sampai-sampai OS Linux digunakan pada perangkat yang namanya HP. Hand Phone yang menggunakan OS Linux adalah Motorola. Namun penulis sendiri belum tahu performa dari OS Linux di handphone apakah sama dgn di PC.

Saat ini penulis menggunakan 3 OS, yaitu: goOS, PC LinuxOS, dan Windows. Memang Linux masih memiliki keunggulan dibandingkan Windows, namun ada beberapa software di windows yang belum compataible dijalankan di Linux (di Linux ada program yang namanya wine, program ini digunakan untuk menjalankan aplikasi windows di Linux). Jadi dengan terpaksa penulis masih menggunakan windows untuk menjalankan aplikasi tertentu… Sayang di PDA belum ada yang berbasiskan Linux Mobile…

Bisa jadi selama ini kita membenci Linux karena kita tidak mau kenal dengan Linux. Coba kita memakai OS Linux untuk keseharian kita, maka kita akan menemukan sensasi yang berbeda. Dan bila kita tidak ingin bermasalah dengan proses instalasi di Linux, padahal kita cuma ingin mencoba, maka kita bisa menggunakan Linux boot on CD (Live CD / DVD Linux). Dengan Tulisan ini, saya berharap agar kita bisa semakin meningkatkan kreativitas dan kemampuan kita dalam mengembangkan teknologi dan bangsa. Jangan sampai kita dikenal sebagai bangsa yang cuma bisa meniru dan menjiplak dan membajak. (memang asyik sih urusan crack). Dengan Linux, hampir semua software free. Sudah ada beberapa distro Linux yang di buat oleh anak Bangsa. Coba kita kembangkan lagi

sumber : http://rosyidi.com/linux-os-yang-fleksibel/


Komentar

  1. masang tulisan kayak gini apa dah paham? ato sekedar posting aja biar blog-nya ada isinya?
    kalo sekedar sharing mendingkasih link-nya aja
    ;-))

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sidoarjo Map (Peta Kabupaten Sidoarjo)

Sidoarjo Map . Kali ini maztam akan berbagi peta Sidoarjo barangkali ada yang membutuhkan peta ini supaya tidak tersesat di jalan ketika datang ke Sidoarjo. Sidoarjo merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Jawa Timur, letaknya cukup strategis karena dekat dengan Kota Metropolitan Surabaya, yaitu berada tepat di selatan Kota Surabaya. Teman teman apabila perkunjung ke Sidoarjo, yang paling terkenal dari Sidoarjo adalah UKM-nya. Kota yang mempunyai julukan kota udang ini juga disebut sebut sebagai kota yang memiliki UKM yang paling banyak, dari kerajinan tas, kerupuk, sampai batik ada di Sidoarjo. Peta Sidoarjo Langsung saja bagi teman teman yang mengunduh peta Sidoarjo maztam telah mencari beberapa map yang mungkin bisa membantu. Map tersebut ada dua jenis yang pertama map gambar yang bisa di download dan map dari google, apabila teman mempunyai gadget bisa langsung dilihat. Peta Sidoarjo Google Map Sekian informasi dari maztam, semoga bisa membantu teman yang

Membuat Action Plan

Action plan atau rencana kerja atau program kerja adalah salah satu cara efektif untuk membagi waktu dalam menjalankan suatu kegiatan. Biasanya berbentuk tabel atau pun hanya coretan-coretan kecil, tergantung dengan jenis kegiatan, contohnya : Organisasi Osis SMA "X" , membuat program kerja untuk menjadwal kegiatan dalam waktu satu tahun, jadi didalam acion plan tertera tabel-tabel yang menyatakan jenis kegiatan, waktu dan status kegiatan. Terdapat banyak jenis action plan, tetapi untuk latihan coba membuat action plan kecil-kecilan seperti ini : Buatlah daftar yang ingin anda beli untuk bulan ini, dan anda harus benar-benar konsisten untuk melaksanakan daftar yang sudah anda tulis tadi, misalnya : jaket baru, sepatu baru, tas baru Jika terbiasa dengan yang pertama buat action plan yang lebih mendetail lagi, yaitu dalam kurun waktu 1 minggu, dan untuk objeknya terserah anda, misal : dapat nilai ulangan min 9, olahraga tiap pagi min 30 menit, posting di blog min 10, dapat paca

Daftar Tempat Kencan Romantis di Sidoarjo

Tempat Kencan Romantis di Sidoarjo . Review tempat nongkrong sudah, kuliner sudah, bioskop sudah, kali ini maztam bakalan review tempat tempat kencan yang oke untuk kalian para pencari cinta di kabupaten Sidoarjo tercinta ini. Kencan, apa itu kencan ?, untuk bisa tetap menjalankan kehidupan romansa dengan pasangan atau gebetan dibutuhkan kencan agar tercipta komunikasi dan saling berbagi suka duka kehidupan. Berikut ini tempat tempat kencan romantis yang maztam rekomendasikan (bagi yang ingin menambahkan silahkan tambahkan komen di bawah : Bolodewe Refresho Coffeshop Kedai Kopi Medan dan Kruwel Frittela Pancake House Liana Steak and Chocolate Cyclo Sekian dulu yah, update menyusul :)