Langsung ke konten utama

Halangan - Halangan Saat Menulis Blog

Halangan - Halangan Saat Menulis Blog


Selamat pagi kawan, sudah lama sekali kiranya tidak pernah share di blog ini. Tapi tangan ini gatel juga pengen nulis lagi, kali ini saya pengen berbagi atas dasar pengalaman saya khususnya dalam dunia tulis menulis di blog.

Jikalau saya amati ada beberapa halangan, mengapa orang kita susah untuk menulis serta umumnya bagi orang Indonesia adalah banyak sekali halangan untuk membaca, karena hubungan membaca dan menulis ini sangat erat dan mempengaruhi.

Oke sebelum saya jelaskan mengapa halangan menulis dan solusinya, saya akan bahas dulu dengan halangan membaca. Dalam keseharian orang Indonesia, membaca lebih dikenal dengan proses belajar buku teks yang biasa dilakukan oleh anak sekolah / kuliah. Terbukti apabila orang tua kita menyuruh kita untuk belajar maka yang harus dilakukan adalah membaca, memang dalam konteks dunia awal pendidikan hal itu bisa jadi benar. Tapi efeknya membaca dikategorikan menjadi aktifitas yang membosankan, tidak berguna, dan hanya terbatas untuk anak-anak sekolah yang tentunya kita paham bahwa pelajaran kala itu tidak terlalu berguna di dalam dunia kerja maupun di masyarakat.

Sehingga menurut paham saya, orang Indonesia mem-branding-kan membaca menjadi aktifitas yang ruwet dan minim manfaat serta terkesan hanya dilakukan oleh akademisi dan berputar didunia akademis saja. Maka yang perlu dirubah adalah brand membaca itu sendiri, bagaimana membaca bisa dianggap sebagai aktifitas biasa, bukan aktifitas yang terlalu high class atau intelektual yang hanya dimonopoli orang pintar.

Membaca menjadi penting ketika proses selanjutnya dalah eksekusi pemahaman yang didapat dari membaca dan mencoba membagikan hasil hasil temuan individu dalam sebuah aksi dengan cara lisan maupun tulisan. Harusnya membaca merupakan aktifitas yang menghibur, menarik dan mengedukasi dengan cara - cara berikut ini :

  1. Membandingkan bacaan dengan pengalaman pribadi
  2. Membandingkan bacaan dengan bacaan yang lain
  3. Membandingkan bacaan dengan pengalaman orang lain
  4. Memperkaya wawasan pada bidang tertentu
  5. Melihat suatu massalah dan pemecahan dari sudut pandang orang lain
Pengalaman pribadi saya, seringkali menemukan hal - hal baru yang menarik daripada pemikiran saya sendiri sebelumnya. Contohnya pada saat saya membaca salah satu buku favorit saya 4 Dicipline of Exectuion yang membahas tentang tata cara mengeksekusi segala sesuatu dengan baik. Pada awalnya saya memiliki pengalaman tentang cara - cara dan metode pelaksaan yang banyak terinspirasi dari buku The Art of War nya Sun Zu yang merupakan akar dari manajemen modern sekarang berdasarkan pengalaman perang Cina jaman dahulu. Ternyata pedoman pelaksanan di buku 4 Dicipline of Execution lebih modern, adaptif dan lebih eksekutif daripada The Art of War yang hanya konsep-konsep saja (tentu saja begitu karena buku ini ditulis ribuan tahun lalu yang tidak bisa memuat banyak penjelasan), tetapi masih dalam jalur yang sama yaitu tentang metode - metode pelaksanaan yang cemerlang dan memberikan saya pemahaman terstruktur mengenai sifat-sifat pelaksanaan.

Dari membaca dan mencerna informasi, maka dilanjutkan dengan menulis, tentu saja anda gak akan bisa menulis sebelum anda mempunyai hasrat untuk membaca, kecuali anda memiliki pengalaman - pengalaman yang luar biasa atau mendapatkan penjelasan secara lisan.

Dari pengalaman saya saat ini, halangan yang memberatkan seseorang untuk menulis adalah :

Emosional Block, yaitu rasa keengganan tanpa alasan untuk melakukan kegiatan menulis sehingga penulis merasa tidak punya mood  yang baik untuk menulis. Hal ini dikarenakan kita menganggap bahwa kegiatan menulis kegiatan yang sangat berat karena memeras sumber daya pikiran terlalu besar, sehingga sebelum melakukannya saja terasa sangat enggan. Emosi ini paling lumrah keluar tetapi masih bisa ditanggulangi dengan cara menghilangkan atau menjaga agar blok emosi tidak muncul. 

Tips saya yang sedang saya coba adalah dengan menganggap apa yang saya tulis hasilnya selalu jelek. Dengan menganggap tulisan jelek, artinya ekspetasi dalam tulisan saya selalu rendah dan pikiran saya akan selalu menganggap bahwa sumber daya yang dikeluarkan untuk menulis adalah minim. Apabila pikiran saya menganggap hal ini minim / mudah, maka saya juga akan mudah saja melakukannya tanpa effort yang tinggi, dan cobalah fokus pada hasil tulisan yang jadi tanpa memikirkan kualitasnya bagaimana, karena semakin banyak anda melakukannya maka kualitas juga semakin baik seiring dengan pengalaman yang bertambah. 

Juga karena tulisan kita selalu jelek, maka kita akan selalu mencoba untuk membenahi dan menambah perbendaharaan tulisan dengan membaca tentu saja.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sidoarjo Map (Peta Kabupaten Sidoarjo)

Sidoarjo Map . Kali ini maztam akan berbagi peta Sidoarjo barangkali ada yang membutuhkan peta ini supaya tidak tersesat di jalan ketika datang ke Sidoarjo. Sidoarjo merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Jawa Timur, letaknya cukup strategis karena dekat dengan Kota Metropolitan Surabaya, yaitu berada tepat di selatan Kota Surabaya. Teman teman apabila perkunjung ke Sidoarjo, yang paling terkenal dari Sidoarjo adalah UKM-nya. Kota yang mempunyai julukan kota udang ini juga disebut sebut sebagai kota yang memiliki UKM yang paling banyak, dari kerajinan tas, kerupuk, sampai batik ada di Sidoarjo. Peta Sidoarjo Langsung saja bagi teman teman yang mengunduh peta Sidoarjo maztam telah mencari beberapa map yang mungkin bisa membantu. Map tersebut ada dua jenis yang pertama map gambar yang bisa di download dan map dari google, apabila teman mempunyai gadget bisa langsung dilihat. Peta Sidoarjo Google Map Sekian informasi dari maztam, semoga bisa membantu teman yang

Membuat Action Plan

Action plan atau rencana kerja atau program kerja adalah salah satu cara efektif untuk membagi waktu dalam menjalankan suatu kegiatan. Biasanya berbentuk tabel atau pun hanya coretan-coretan kecil, tergantung dengan jenis kegiatan, contohnya : Organisasi Osis SMA "X" , membuat program kerja untuk menjadwal kegiatan dalam waktu satu tahun, jadi didalam acion plan tertera tabel-tabel yang menyatakan jenis kegiatan, waktu dan status kegiatan. Terdapat banyak jenis action plan, tetapi untuk latihan coba membuat action plan kecil-kecilan seperti ini : Buatlah daftar yang ingin anda beli untuk bulan ini, dan anda harus benar-benar konsisten untuk melaksanakan daftar yang sudah anda tulis tadi, misalnya : jaket baru, sepatu baru, tas baru Jika terbiasa dengan yang pertama buat action plan yang lebih mendetail lagi, yaitu dalam kurun waktu 1 minggu, dan untuk objeknya terserah anda, misal : dapat nilai ulangan min 9, olahraga tiap pagi min 30 menit, posting di blog min 10, dapat paca

Daftar Tempat Kencan Romantis di Sidoarjo

Tempat Kencan Romantis di Sidoarjo . Review tempat nongkrong sudah, kuliner sudah, bioskop sudah, kali ini maztam bakalan review tempat tempat kencan yang oke untuk kalian para pencari cinta di kabupaten Sidoarjo tercinta ini. Kencan, apa itu kencan ?, untuk bisa tetap menjalankan kehidupan romansa dengan pasangan atau gebetan dibutuhkan kencan agar tercipta komunikasi dan saling berbagi suka duka kehidupan. Berikut ini tempat tempat kencan romantis yang maztam rekomendasikan (bagi yang ingin menambahkan silahkan tambahkan komen di bawah : Bolodewe Refresho Coffeshop Kedai Kopi Medan dan Kruwel Frittela Pancake House Liana Steak and Chocolate Cyclo Sekian dulu yah, update menyusul :)